Menengok Tuyul Ninja; Plugin WordPress Pertamaku

Tuyul Ninja adalah plugin WordPress yang berguna untuk membagikan artikel secara terjadwal dan otomatis ke blogspot, email, atau channel Telegram. Selain itu, plugin ini juga dapat digunakan untuk mencari ide artikel menggunakan content tools.

Plugin Tuyul Ninja

Aku membuat plugin ini pada tahun 2020 lalu dengan fitur pertama kali yang dirilis adalah penjadwalan share artikel ke blogspot. Ini adalah plugin buatanku pertama yang lolos bisa masuk ke direktori wordpress.org. Dengan kata lain, plugin Tuyul Ninja bisa diinstall langsung dari manajemen plugin di WP-Admin tanpa perlu mendownloadnya terlebih dahulu.

Saat aku membagikan plugin ini di group WordPress Developer Indonesia ternyata malah dibully karena namanya mengandung kata Tuyul yang katanya berkonotasi negatif.

Perkembangan Fitur Tuyul Ninja

Seperti yang aku katakan sebelumnya, plugin Tuyul Ninja pertama kali dipublikasikan hanya berupa penjadwalan otomatis untuk mengirim artikel dari Worpdress ke blogspot menggunakan layanan email publishing.

Setelah beberapa saat, aku menambahkan fitur untuk share artikel ke channel Telegram. Fitur ini membutuhkan bot Telegram sebagai pihak yang akan membagikan artikel tersebut.

Aku menambahkan fitur content tools untuk memudahkan pengguna mencari inspirasi ide konten. Ada dua macam yang dapat digunakan yaitu:

  • Mengambil keyword yang sedang trend menggunakan Google Trends dan mencari keyword yang terkait atau keyword turunan
  • Mencari keyword yang paling banyak digunakan untuk pencarian di Google sesuai topik yang ingin dicari

Kumpulan keyword yang sudah disediakan oleh plugin ini bisa disimpan sebagai judul artikel baru di WordPress. Semua artikel itu disimpan dalam bentuk draft tanpa ada konten atau artikel di dalamnya. Pengguna hanya bisa menambahkan kategori dan tags saja sebelum menyimpan daftar keyword tersebut ke dalam draft artikel.

Perkembangan Download & Instalasi

Aku sebetulnya sudah lama tidak maintenance plugin ini. Hanya saja karena banyak pertanyaan yang masuk, akhirnya aku iseng melihat statistik instalasinya di wordpress.org.

Sampai saat artikel ini ditulis, jumlah instalasi aktifnya adalah 100+. Sedangkan statistik downloadnya adalah sebagai berikut:

  • 4 download hari ini
  • 12 download kemarin
  • 41 download 7 hari terakhir
  • 837 total download sepanjang waktu. Lihat statistik

Sebetulnya masih ada banyak ide yang ingin aku aplikasikan ke Tuyul Ninja. Hanya saja, aku masih belum punya waktu untuk mengeksekusinya.

Kalau ada yang ingin jadi kontributor Tuyul Ninja silahkan saja. Nanti akan aku undang untuk gabung di repository Github. Nanti kita bisa berkolaborasi di sana.