SSH: Cara Zip Folder Beserta Semua Isinya

Catatan ini aku buat karena sering kali membutuhkan mengompres suatu folder beserta seluruh isi di dalamnya baik file maupun folder dalam bentuk zip. Secara umum, hal ini aku lakukan karena akan melakukan migrasi suatu aplikasi ke server lain atau sekedar untuk membackupnya secara manual.

Aku mengkompres file tersebut menggunakan SSH karena memang tidak menginstal control panel untuk semua aplikasiku. leh sebab itu, aku merasa perlu menulis catatan ini agar mudah mencarinya lagi saat membutuhkannya lagi tapi lupa caranya.

Cara untuk mengkompress folder besrta semua isinya menggunakan SSH adalah sebagai berikut:

zip -r backup.zip .

Pada perintah (command) di atas terlihat bahwa aku menggunakan aplikasi zip untuk mengkompress folder. Argumen -r menunjukkan bahwa yang dicompress bersifat recursive atau mengulang command untuk folder tersebut beeserta sub folder di dalamnya. Sedangkan backup.zip adalah nama fiile hasil compress yang kita inginkan. Dan terakhir tanda titik (.) menandakan yang dicompress adalah semua jenis file yang ada di dalam folder dan sub folder.

Perintah tersebut berhasil dijalankan pada operasi SSH yang mengakses operasi sistem Ubuntu. Jika belum tersedia aplikasi zip maka perlu menginstallnya terlebih dahulu menggunakan command:

apt-get install zip

Komentar